SPIRIT 2011

SPIRIT ONLINE

Jalan Allah

Segala puji bagi Allah yang selalu memberikan yang terbaik bagi hambanya, yang selalu mengabulkan doa hambanya, yang tak henti membesarkan hati hambanya..

Setahun kurang saya merasa tersiksa beraktivitas di fakultas ekonomi universitas padjajaran.. saya emang ga pernah ingin dan ngebayangin jadi mahasiswa FE. ditambah lagi saya tidak suka dengan lingkungan FE yang kurang ruang terbuka.

cita-cita saya sejak dahulu kala memang itb. apapun jurusannya. yak, sejak pertama saya dinyatakan lulus snmptn, sejak itu pula saya bertekad akan mengulang tahun depan. seragam sma masih rapi, buku-buku soal dan catatan juga tetap saya simpan, berharap bisa saya gunakan kemudian..

orang tua saya yg menangkap sinyal-sinyal kekecewaan saya berusaha membesarkan hati saya. “nes, kalau mau, tahun depan coba lagi juga ga apa-apa. tapi ibu ga punya uang buat bimbel dan masuk lewat jalur mahal.. apapun pilihan kamu, ibu bapak mah terserah aja..”

memang pada awalnya saya sulit membagi waktu antara belajar untuk keperluan kampus dan belajar untuk mengikuti ujian lagi. namun karena memang saya tidak menikmati pembelajaran di kampus, akhirnya saya lebih fokus belajar yang lain.

jangan bayangkan saya seorang pembelajar yang rajin. karena soal yg saya kerjakan selalu yg tingkat kesulitannya rendah. ditambah lagi saya memang orang yg cepat ngantuk. lengkaplah sudah…

tahun baru tiba. saya bertemu dengan kawan-kawan sma yg kuliah di gajah duduk. Alhamdulillah, justru mereka yg menawarkan diri untuk mengajarkan pelajaran sma kepada saya. ah, tak boleh les, ternyata Allah berikan jalan yang lain..

suatu malam, ketika sedang belajar, bapak dateng ngajak ngobrol.. nanya-nanya mau milih apa di itb. dan dia juga heran liat aku belajar, karena momen itu sulit dijumpai. bapak bilang ga punya uang kalo saya mau ikut usm.
“pak, tapi ada yg gratis da. jurusan tekfis, metalurgi, oseanografi”
“wah? bener nes? metalurgi itu bagus banget. sekarang di kantor bapak lagi dibutuhin. oseanografi juga. ilmu jarang tuh! apalagi Indonesia kan dikelilingi laut, nes.”
“wah, masa pak?”
“ya udah ikut aja.”
padahal saat itu aku ga da keinginan sama sekali untuk ikut usm, karena menurut saya usm lebih susah dari snmptn..

tergoda juga ikuti USM 2 jalur beasiswa minat. harga formulir 850.000 rupiah. tapi saya ga tega minta uang formulir ke orang tua.. pengeluaran orang tua memang besar sekali taun ini karena kaka menikah dan adik kelas 6 SD. akhirnya Allah memberikan jalan yang lain.. saya berhasil menghemat ongkos transpor -dengan naik motor dari yg semula naik angkot- hingga berhasil mengumpulkan uang kurang lebih 400 ribu. ditambah karena banyak saudara yg ke rumah dan tabungan yg sudah ada sejak dulu, saya bisa membeli formulir dengan subsidi 350 rb dari ortu. saya juga jadi bisa beli form snmptn tanpa subsidi ortu.

uts semester dua sudah berlalu, tapi justru semangat belajar saya malah kendor. jalan Allah datang lagi. via facebook kawan SD yang masih sma menerima ajakan basa basi saya untuk belajar bareng. ternyata setelah bertemu 2 orang kawan sd saya, saya jadi sadar bahwa terlalu banyak pelajaran sma yg sudah lepas dari otak. berkat mereka saya semangat lagi… hampir di tiap kesempatan kami belajar, dibimbing oleh kawan-kawan SMA saya…

usm datang. saya rasa psikotes saya JAUH lebih buruk dari tahun sebelumnya. ah… disuruh gambar orang ya malah gambar si upin. di suruh bikin tulisan malah nulis yg ga jelas.. ya Allah, pada saat itu juga saya ngerasa jodoh saya ialah snmptn.

tapi… tenyata saya LULUS!!! ALHAMDULILLAH…. saya diterima di oseanografi, pilihan kedua saya. ya Allah, Allahuakbar. terima kasih ya Allah.. terima kasih…

..
..
..

Allah memang benar. secara keseluruhan, saya merasa lebih siap menghadapi ujian tahun ini daripada tahun sebelumnya. saya lebih mengerti pelajaran sma yg dulu tidak saya pengerti sama sekali. jalan Allah pula yg membuat saya mendaftar usm 2. hanya lewat pembicaraan singkat saya an bapak saya, saya akhirnya memutuskan ikut usm 2. izin Allah-lah yang membuat saya diterima tahun ini. TERIMA KASIH YA ALLAH..

..

untuk trio macan guru privat saya.. terima kasih banyak kalian mau repot-repot ngajarin saya. udah mah saya teh lemot, pelupa, suka ngajak ngobrol, gampang bosan pula hehe :p insya Allah, kalian dapet bayaran pahala.. amin.. amal jariyah ceunah
untuk teteh mawar.. makasih udah mau ngajarin saya, mau belajar bareng, jauh-jauh dari caringin.  :)
untuk dua sahabat baik sejak zaman putih merah.. makasih udah bikin saya semangat belajar. bikin saya inget kalo saingan saya tuh ribuan orang dan mereka jauh lebih siap dari saya.  :)
buat keluarga saya.. yang ngasi semangat dan tetep setuju saya ikut tes lagi, makasih ya..

untuk semua yg telah mendoakan, terima kasih.. =)

..

Jalan Allah memang ga ketebak, tapi itulah jalan yang terbaik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: