SPIRIT 2011

SPIRIT ONLINE

Ujian? STOP! Baca dulu tips ini!

Sepucuk kalimat yang akan saya tuliskan di sini merupakan tips yang pernah saya dapat dari kakak kelas yang kemudian selalu saya lakukan jika hendak ujian. Umm… Buat 2011, mangga dibaca dan boleh dicoba tipsnya buat ujian… Ga cuma USM atau SNMPTN ya, beberapa poin tetap cocok untuk ujian-ujian kecil kok..

  • Rajin-rajin baca al matsurat setiap pagi dan/atau sore hari. Al matsurat ini kumpulan doa rasulullah yang dikumpulkan oleh Hasan Al Banna. Keutamaannya? Dahsyat…!
  • Tahajud, shaum, tilawah, dhuha, jadikan menu wajib sehari-hari.
  • H-1 ujian, tutup segala buku. Bicaralah kepada diri sendiri bahwa anda sudah siap dan tak ada orang yang lebih siap dari anda. Tidur cukup.
  • Hari pelaksanaan, sebelum tes, coba tahajud, lalu shalat shubuh di masjid. InsyaAllah ini yang bakal jadi benteng mental kita!
  • Setelahnya, sambil menunggu waktu, tilawah deh beberapa halaman. Kalau bisa al matsurat tetep disempatkan dibaca.
  • Dalam al matsurat ada salah satu isinya mengenai membaca “Subhanallah walhamdulillah walailahailallah wallahuakbar” sebanyak 100 kali. Masing-masing bacaan ini ada keutamaannya, terutama dibacanya takbir 100kali, “Barangsiapa mengucapkan takbir seratus kali di waktu pagi, dan seratus kali di waktu sore, maka tidak ada seorang pun yang dapat menandingi amalannya di hari itu, kecuali jika ada orang lain yang melakukan hal yang sama atau lebih dari yang ia amalkan.” (Al Hadits) Dahsyat kan? Ujian insyaAllah tak tertandingi!
  • Ketika datang ke tempat tes, berjalanlah dengan santai. Kalau perlu berjalanlah sambil membusungkan dada dan menyilangkan kedua tangan di dada (apa ini nama gerakannya?? lupa..). Ini akan membuat mental anda kuat ketika berhadapan dengan segala musuh, sekaligus melemahkan mental musuh.
  • Duduk manis di meja ujian. Jangan melamun! Kalau ada waktu-waktu lenggang isilah dengan tetap berdzikir. Sekali lagi, hindarilah melamun! Melamun akan menurunkan kinerja otak, dan istilahnya nanti perlu “starter” lagi ketika soal datang. Lalu sempatkanlah sebelum mulai untuk menatap wajah orang-orang di sekitar anda, ini penting agar anda merasa lebih rileks lagi.
  • Ketika pergantian naskah, isi lagi dengan dzikir. Lupakan naskah sebelumnya. Yakinlah bahwa itu adalah kerja maksimal anda, dan balasannya Allah akan membimbing anda pada hasil yang juga maksimal.
  • Selesai ujian, segeralah pulang. Tidak perlu membahas soal, percaya deh itu sama sekali tidak berguna, malah yang ada membuat kita ketar ketir merasa resah.
  • Ulangi kesemua hal diatas ketika pelaksanaan hari ujian kedua.
  • Selesai semuanya, bertawakallah pada Allah. Peran anda sudah habis, sisanya biar Allah yang urus.
  • Hal yang diluar kekuasaan anda jangan sama sekali dirisaukan, risau anda tidak akan mengobati apapun.
  • Khusus buat aktivis masjid, jangan sampai meninggalkan amanah! Ingat intansurullaha yansurkum. Salah satu keutamaan menjadi tentara Allah adalah boleh meminta pertolongan Allah dengan meminta janji Allah atas amal yang kita lakukan. InsyaAllah.

Begitu.. Dahsyat?? Cobalah. Mulai dari sekarang… Bangun kuat-kuat mental sejak dini, jangan sampai ketika terlambat nanti temen2 malah stress mikir belum siap.. ok??

Salam dan doa dari penulis untuk pembaca artikel ini. Semangat! Semoga sukses di tes PTN 2011. Semoga diberikan hasil yang terbaik. Amiiin!

Buat yg ga punya Al Matsurat, bisa mengunduh sesuai bentuk yang diinginkan:

Original post by Angga Kusumadinata. Hasil karya terbuka. Pustaka terdaftar untuk referensi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: