SPIRIT 2011

SPIRIT ONLINE

Kuota SNMPTN 2011 Bertambah

SURABAYA – Jumlah kuota mahasiswa yang diterima lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2011 dipastikan akan bertambah. Ini setelah pemerintah menyelesaikan draft Perubahan atas Peraturan Pemerintah  No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaran Pendidikan sebagai pengganti dicabutnya Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan yang dibatalkan Mahkamah Konstitusi.

SP/Yopi Widodo Mendiknas M. Nuh di sela Seminar Nasional Fisika II di Kampus C Unair, Sabtu (17/7).“Jadi regulasi sementara ini memang penerimaan  mahasiswa baru menjadi kewenangan otonomi dari perguruan tinggi negeri  masing-masing. Tapi Alhamdulillah, semoga tidak lama karena berubah karena dalam  dua tiga hari yang lalu kami baru menyelesaikan namanya draft Perubahan PP 17/2010 sebagai pengganti dari dicabutnya UU BHP,” kata Mendiknas Muhammad Nuh, di sela Seminar Nasional Fisika II di kampus C Unair Surabaya, Sabtu (17/7).

Mantan Rektor ITS ini menyatakan, salah satu pasal yang direvisi dalam PP tersebut  ditetapkannya kuota sebanyak 60 persen mahasiswa yang harus diterima berasal dari seleksi yang diadakan secara nasional. Penetapan kuota ini menyusul banyaknya perguruan tinggi negeri (PTN) yang menetapkan kuota lewat jalur  SNMPTN  beragam serta jumlahnya semakin sedikit.

“Dengan PP baru harapannya akses masyarakat di daerah bisa lebih dijangkau. SNPMTN kan sudah menerapkan online registration tetapi yang diambil hanya 20 hingga 30 persen dari total daya tampung maka perluasan ini kan tidak sebanding,” katanya.

Nuh mengatakan, akses yang diperluas dan diimbangi dengan kapasitas yang semakin besar akan memberikan kesempatan bagi masyarakat di berbagai daerah untuk masuk ke PTN juga  semakin luas. Sebelumnya akses tersebut lebih kecil lantaran kuota mahasiswa yang diterima lewat jalur SNMPTN besaranya sekitar 20 hingga 30 persen. Jika PP No. 17 Tahun 2010 tersebut jadi disyahkan maka tiap perguruan tinggi wajib menyediakan 60 persen daya tampungnya bagi peserta seleksi nasional atau SNMPTN.

“Sisanya  40 persen diharapkan masing-masing perguruan tinggi negeri dapat memanfaatkan dengan pertimbangan kekhususan. Misalkan saja juara olahraga terbaik atau juara apa yang terbaik sesuai dengan spesifik daerah masing-masing,” tambahnya.

Dengan menerbitkan PP itu, Kemendiknas ingin menutup pintu masuk setiap PTN yang semakin beragam. Pasalnya, sekarang semakin banyak PTN yang memiliki lebih dari tiga jalur untuk menerima mahasiswa. Hal ini tentunya akan membuat masyarakat semakin binggung dan membuang banyak biaya.

“Intinya kita tidak ingin masyarakat disajikan begitu banyak pintu di setiap perguruan tinggi. Perguruan tinggi ini punya tiga atau empat pintu, yang lain punya empat pintu akhirnya costnya tidak efisien, karena daftar itu kan pakai uang juga,” jelasnya.

Nuh berharap, ke depan perguruan tinggi menetapkan kuota yang sama sebanyak 60 persen untuk seleksi nasional dan 40 persen sisanya menjadi kewenangan kampus.

Source: Surabaya Post. (Minggu, 18 Juli 2010 | 10:28 WIB)

2 responses to “Kuota SNMPTN 2011 Bertambah

  1. Lilala January 12, 2011 at 10:50

    Bagus sih kalo kuota ditambah, tpi jgn naro ujian2 mandiri sehabis smnptn lah…kasian yg ga berduit, menuh2in saingan!

  2. Pingback: TOP 20 Postingan Blog SPIRIT « SPIRIT 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s